Kurap, penyakit kulit yang bikin heboh!

Kurap (tinea corporis) adalah infeksi jamur yang menjangkiti kulit manusia dan juga hewan seperti kucing, anjing, domba, dan lain sebagainya. Penyakit kulit yang satu ini memang bikin kita heboh. Betapa tidak, kurap bisa bikin kita malu dan tidak percaya diri. Terlebih, rasa gatal yang disebabkan kurap bisa sangat menjengkelkan. Arghh... bawaannya jadi pengen garuk! Nah, untuk mengobati kurap, panu, kadas, dan penyakit lainnya, kita harus mengenali penyebab dan gejalanya terlebih dulu. Agar nantinya, kita bisa mencari solusi untuk penyakit tersebut. Yuk simak ulasan dari eHow.


 

Penyebab

Kurap disebabkan oleh parasit yang dikenal sebagai dermatofit yang memakan keratin, materi yang terdapat pada lapisan terluar kulit. Kurap dapat menular melalui kontak langsung dengan manusia atau hewan yang terinfeksi dan bahkan benda mati yang terkena jamur tersebut. Mereka yang gemar berolahraga sangat rentan terkena kurap atau penyakit kulit lainnya, selain disebabkan karena kurangnya kebersihan tubuh, saat berolahraga, orang lebih mudah menular infeksi jamur antara satu sama lain.

Jenis

Ada delapan jenis kurap (tinea), dengan masing-masing mempengaruhi area tubuh yang berbeda: barbae mempengaruhi wajah dan leher, capitis mempengaruhi kulit kepala, corporis mempengaruhi semua area tubuh, cruris terjadi di daerah selangkangan, faciei mempengaruhi wajah tetapi tidak daerah jenggot, manus mempengaruhi tangan, pedis mempengaruhi kaki, dan unquium mempengaruhi kuku dan kuku kaki.

Gejala

Infeksi kurap menyebabkan ruam yang kadang-kadang mengelupas, retak, gatal, dan merah. Kadang-kadang ruam berbentuk seperti lecet, terutama pada kaki.

Gejala kurap di tubuh

Di dada, perut, lengan, kaki, atau punggung.
Dengan tepi yang berwarna merah dan bersisik atau lembap.
Ruam juga mungkin memiliki benjolan kecil yang terlihat seperti melepuh. Pusat ruam terlihat jelas, memberikan penampilan yang berbentuk cincin, atau sekelompok benjolan merah.

Gejala kurap di wajah

Di wajah, telinga, atau keduanya.
Terlihat seperti ada perbedaan di kulit yang terinfeksi.
Terasa sangat gatal ketika berada di bawah sinar matahari.

Gejala kurap di selangkangan

Pada pangkal paha, lipatan kulit, paha bagian dalam, atau bokong. Ruam biasanya tidak terjadi pada skrotum atau penis.
Dengan tepi yang sangat berbeda dan mungkin bersisik atau memiliki benjolan yang terlihat seperti melepuh.

Gejala kurap di tangan

Pada telapak tangan yang sering dikira eksim.
Menebal, kering, dan bersisik, sementara kulit antara jari-jari terasa lembap dan memiliki luka yang terbuka. Pada bagian belakang tangan yang berwarna merah dan bersisik, dengan tepi yang memiliki benjolan yang terlihat seperti melepuh.

Setelah tahu bagaimana tipe, gejala, dan penyebab dari kurap, yuk simak ulasan selanjutnya tentang bagaimana cara mengobati kurap, panu, kadas, dan teman-teman sebangsanya.

0 Response to "Kurap, penyakit kulit yang bikin heboh!"