10 Tips sehat berpuasa

KKK, Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi umat islam, dan hikmah puasa bagi kesehatan sangat besar karena puasa baik untuk kesehatan. Inilah 10 tips agar tahan berpuasa dan tetap sehat.
  1. Minum yang cukup. Minumlah yang banyak setelah berbuka puasa dan saat sahur, karena kebutuhan hidrasi tubuh sekitar 1,5 liter per hari. Dianjurkan minum air putih yang banyak.
  2. Makanan yang sehat. Jangan berlebihan dalam memakan makanan manis karena akan mengganggu pola makan Anda. Memakan kurma dapat mengisi ulang energi dengan cepat, akan tetapi tetap perhatikan porsi.
  3. Dalam berbuka jangan langsung dalam porsi besar. Mulailah berbuka dengan sup, kolak atau makanan pembuka lainnya dan tunggu hingga meresap di pencernaan sebelum Anda makan besar. Itulah cara berbuka yang baik.
  4. Dalam berbuka jangan makan terlalu banyak. Makan berlebihan saat berbuka tidak hanya mengganggu tubuh, akan tetapi juga dapat membuat mengantuk saat shalat tarawih.
  5. Makan tiga kali sehari. Maksudnya yaitu yang pertama saat sahur, yang kedua saat berbuka puasa dan yang ketiga yaitu sekitar 2 jam setelah berbuka puasa.
  6. Makan buah-buahan. Saat sahur disarankan makan buah-buahan sebagai sumber vitamin. Kemudian makan pula ubi-ubian sebagai sumber karbohidrat. Sebaiknya melakukan sahur mendekat
  7. Tidur Siang. Tidurlah di siang hari untuk mengumpulkan energi dan hindari sinar matahari dan panas karena dapat menimbulkan dehidrasi.
  8. Minimalkan tenaga fisik. Dalam puasa dianjurkan berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum tiba berbuka.
  9. Bagi Penderita diabetes. Sebaiknya secara teratur mengintrol gula darah Anda. Pastikan minum air putih yang cukup dan hindari makanan yang terlalu manis.
  10.  Segera membatalkan puasa jika mendapatkan masalah kesehatan. Itu semua bagi kesehatan tubuh Anda. Jangan memaksakan jika Anda sedang sakit, mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa selama beberapa hari hingga keadaan tubuh Anda memulih. Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya.

0 Response to "10 Tips sehat berpuasa"