A B C D Bukan Sekedar Belajar Abjad

Belajar tentang A, B, C, D di sekolah ? ah itu sih sudah biasa, kan memang sekolah tempat untuk belajar. Tapi, tunggu dulu A B C D yang dimaksud disini bukan sekedar abjad, melainkan singkatan dari “Air Bisa Cegah Dehidrasi”. A B C D ini merupakan suatu kampanye kesehatan yang dilakukan oleh Indonesian Hydration Working Group (IHWG) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta & ditujukan kepada guru-guru di tingkat SD. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hidrasi untuk kecerdasan & kesehatan tubuh, terutama kepada anak-anak sejak dini.

Anak-anak lebih rentan mengalami dehidrasi, hal ini karena mereka mempunyai rasio luas permukaan tubuh-massa tubuh yang lebih besar bila dibandingkan oleh orang dewasa, anak-anak juga lebih sering melakukan aktfitas di luar ruangan seperti misalnya bermain, berolahraga dll. Oleh karena itu diharapkan kampanye melalui guru ini akan efektif untuk memberikan informasi kepada para anak-anak siswa sekolah SD mengenai pentingnya menjaga hidrasi tubuh dengan cara minum air yang cukup.

Hidrasi tubuh sendiri sangat penting, hal ini karena tubuh terdiri dari 60-80 % cairan yang tersimpan di berbagai organ tubuh, dengan komposisi terbesar berada di cairan darah & sel tubuh. Anak usia 7-9 tahun membutuhkan asupan air sekitar 1,6 Liter/hari, sedangkan untuk usia 10-12 tahun membutuhkan asupan air 1,8-1,9 Liter/hari tergantung dari jenis kelaminnya. Asupan cairan ini bukan harus didapat dari air minum saja, tetapi bisa juga diperoleh dari makanan seperti kuah sayur, sayur & buah.

Kekurangan air atau dehidrasi bisa menimbulkan gejala kesehatan, seperti misalnya bila mengalami dehidrasi ringan dapat menimbulkan gejala mulut kering, terasa haus & tubuh menjadi lemas. Bila berlanjut maka akan menimbulkan gejala jantung berdebar-debar, takanan darah turun sehingga muncul rasa pusing, apatis & mengantuk. Bila dehidrasi yang dialami makin bertambah berat, maka dapat hilang kesadaran (pingsan) & yang lebih parahnya lagi bisa menimbulkan kerusakan otak bahkan hingga kematian.

Oleh karena itu, meskipun terlihat sepele ternyata menjaga hidrasi tubuh dengan cara minum air yang cukup sangat penting untuk dilakukan. Tapi sayangnya hal ini masih kurang menjadi perhatian pada orang dewasa, terlebih lagi pada anak-anak. Karena biasanya anak-anak lebih memfokuskan diri untuk bermain, sehingga terkadang mereka lupa untuk mengimbangi aktiftas mereka tersebut dengan minum air yang cukup.

Disinilah peran kita semua sebagai orang dewasa untuk mengajari anak-anak bagaimana caranya menjaga keadaan hidrasi tubuh mereka. Dan karena anak-anak akan lebih memeperhatikan contoh dibandingkan sekedar himbauan, maka sudah sepatutnya orang dewasa yang berada di sekitar anak-anak tersebutlah yang mencontohkan anak dengan cara minum air yang cukup.

Yuk minum air yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.
Sumber : Medicastore.com

0 Response to "A B C D Bukan Sekedar Belajar Abjad"